Saturday, February 10, 2007

The International Java Jazz Festifal



Agenda Tahunan Bulan Maret

Sayang banget tahun ini gua absen dari agenda tahunan, yang gue udah tetapin tiap bulan Maret.
Sejak pertama Java Jazz di gelar di Jakarta, gue kaga pernah ketinggalan.

Sekedar info aja Java Jazz mulai di Gelar di Jakarta sejak tahun 2005. Disponsori oleh Pemprof DKI Jakarta (dengan motto-nya "Enjoy Jakarta") serta beberapa perusahaan besar.
Acara ini diprakarsai oleh Peter F. Gonta (seorang pengusaha, sekaligus pecinta & penikmat Jazz) Mungkin kalau ente penikmat musik Jazz, nama ini gue rasa sudah cukup familiar.
Beberapa tahun yang lalu beliau pernah Duet dengan Iga Mawarni.
Peter F Gonta juga cukup dikenal oleh para musisi Jazz kaliber Dunia, seperti Bob James.
Makanya do'i kaga kesulitan untuk mengundang para musisi jazz sekelas Bob James.
Peter F Gonta juga cukup berperan di acara2 Jazz International, Seperti North Sea Jazz yang rutin diadakan di Den Haag misalnya.

Mengenai musik Jazz sendiri, di Indonesia kebanyakan orang menganggap, musik ini hanya biasa dinikmati oleh kalangan mapan.
Tetapi Anggapan tersebut keliru. Buktinya ketika acara ini pertama kali digelar, penontonnya banyak dari kalangan muda (yah walaupun segment-nya memang menengah ke atas, krn harga tiketnya memang cukup mahal, tahun 2005 aja harga tiketnya Rp 225.000,- untuk sekali masuk & belum temasuk Spesial Show)

Oh ya, gambar diatas adalah pada saat pertunjukan Bob James, gue ada di antara ratusan pengunjung itu. Gue rela antri berjam-jam dan ninggalin panggung2 yang lainnya. Bayangin aja acara mundur sampai 2 jam karena sound system pada saat itu sedang trouble. Padahal dalam waktu 2 jam itu gw bisa keliling ke panggung2 yang lain, saat itu yang lagi manggung ada Indra Lesmana, Daniel Sahuleka, serta artis2 lokal lainnya.

Sedangkan foto yang paling atas adalah Dave Koz. Dave Koz tampil diacara puncak (jam 23.30 s/d 00.30). diantara penonton tersebut ada Gub. DKI Jakarta "Bang Yos". Ternyata beliau penikmat Jazz juga

Tahun ini kelihatannya acara lebih ramai, apalagi rencananya akan mendatangkan "Jamie Cullum" musisi Jazz muda yang banyak digemari oleh kalangan muda.
Waduh sayang banget gw kaga di Jakarta.....!
Dulu waktu masih di Jakarta, biasanya gue beli tiket dari jauh2 hari (Akhir Januari gw udah booking) itu masih Early bird, artinya harga tiket masih lebih murah ketimbang yang reguler.
Yah paling ngga gue bisa terhibur..., karena beberapa TV swasta pasti meliput acara ini, & bakal ditayangain di TV.

No comments: